Semua “Tweet” Paus Benediktus XVI Dihapus

GABRIEL BOUYS / AFP Paus Benediktus XVI, setelah mengundurkan diri akan bergelar Paus Emeritus. Di hadapan para kardinal yang akan menggelar sidang konklaf, Paus Benediktus XVI menjanjikan kesetiaan tanpa syarat kepada paus penggantinya.

Vatikan telah menghapus semua tweet yang ada di akun Twitter @Pontifex, setelah Paus Benediktus XVI resmi mundur dari jabatan Pemimpin Gereja Katolik, Jumat (1/3/2013).
Dikutip dari CBSNews, selanjutnya, semua tweet, disimpan dan dapat dibaca melalui situs resmi Vatikan. Arsip digital tweet-tweet tersebut akan disimpan di bawah judul “Pope Benedict XVI”.

Selain itu, Vatikan juga telah mengubah nama pemilik akun tersebut menjadi “Sede Vacante”, sebuah ekspresi yang menandakan posisi Paus saat ini sedang kosong. Sebelumnya, nama yang dicantumkan di akun ini adalah Benedict XVI.
Kemungkinan besar, nama “Sede Vacante” tersebut akan kembali diganti setelah Paus baru sudah ditentukan.

Benediktus XVI merupakan Paus pertama yang memanfaatkan Twitter sebagai media penyampaian pesan. Ia memberi pesan dan melayani tanya jawab di Twitter dalam sembilan bahasa, termasuk Inggris, Arab, Perancis, dan Spanyol. Akunnya juga dibagi jadi sembilan berdasarkan bahasa yang digunakan.

Sebagian pesan Twitter Benediktus XVI berisi misa mingguan dan pesan khusus tentang perisitiwa besar di dunia. Ia dikenal dengan pandangan teologisnya yang konservatif.
Kicauan terakhir Benediktus XVI dipublikasikan sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (28/2/2013). “Terima kasih atas cinta dan dukungan Anda. Semoga Anda selalu mengalami sukacita yang berasal dari Kristus di tengah kehidupan Anda,” demikian bunyinya.

Dari sembilan akun Paus, @Pontifex adalah akun yang memiliki paling banyak pengikut dengan 1.606.697 followers dan telah melontarkan 39 kicauan.

KOMPAS.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: