Instalasi Ubuntu Pada Virtual Machine

Hello bloggers, jika Anda ingin mencoba Ubuntu tapi takut merusak sistem operasi yang sudah berjalan di komputer Anda, maka kamu bisa mencoba menginstal Ubuntu pada lingkungan virtualisasi. Lingkungan virtualisasi yang saya maksud adalah dengan menginstal virtual machine terlebih dahulu pada sistem operasi yang Anda pakai.

Dengan memakai virtual machine, seolah-olah Anda mempunyai sebuah PC kosong yang siap diinstal sistem operasi apa pun yang kompatibel dengan kemampuan virtual machine tersebut. Ada banyak lingkungan virtualisasi, seperti VirtualBox, VMware, dan Microsoft Windows Virtual PC. Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan produk milik VMware yakni VMware Player.

VMware Player adalah virtual machine versi gratis dari VMware. Anda dapat mengunduhnya langsung dari situs resmi VMware. Setelah Anda menginstal VMware Player, silakan Anda buka VMware Player dan ikuti tahap-tahap penginstalan Ubuntu pada virtual machine berikut ini :

1. Klik “Create a New Virtual Machine”.
Create a New Virtual Machine in VMware Player

2. Pilih “Installer disc image file (iso)” dan masukkan letak file .iso Ubuntu yang ada di komputer Anda. Pada kesempatan ini saya telah mengunduh Ubuntu versi 10.10 edisi desktop dengan code name Maverick Meerkat. Lalu klik Next.
Memasukkan lokasi file .iso Ubuntu ke dalam VMware

3. Lalu masukkan “Full name”, “User name”, “Password”, dan “Confirm” password di atas. User name dan Password ini akan digunakan untuk login ke dalam sistem operasi Ubuntu Anda kelak. Lalu klik Next.
Memasukkan nama lengkap, username dan password saat instal Ubuntu di VMware

4. Kemudian masukkan “Virtual Machine name” dan lokasi (“Location”) di mana file virtualisasi Anda akan disimpan pada komputer Anda. Lalu klik Next.
Menetapkan nama Ubuntu virtual machine dan lokasinya di komputer

5. Pada jendela “Specify Disk Capacity” silakan Anda masukkan “Maximum disk size” untuk Ubuntu yang akan Anda virtualisasi. Jika Anda kurang mengerti, biarkan mengikuti rekomendasi dari VMware. Lalu klik Next.
Menentukan besaran kapasitas disk untuk Ubuntu virtual machine pada VMware

6. Pada jendela ini berstatus “Ready to Create Virtual Machine” dan berikut summary-nya. Anda dipersilakan untuk meng-“Customize Hardware…” versi virtual machine. Jika tidak yakin, silakan klik Finish untuk berlanjut ke proses instalasi Ubuntu pada lingkungan virtualisasi milik Anda.
Summary untuk lanjut ke tahap instalasi Ubuntu setelah membuat virtual machine pada VMware

7. Tunggu beberapa saat, sampai dengan tampilan layar di VMware Player Anda seperti di bawah ini, dan silakan Anda tunggu sampai dengan proses instalasi Ubuntu selesai di virtual machine — berhubung proses ini cukup lama, Anda dipersilakan untuk rehat sejenak😀
Tahap instalasi Ubuntu pada virtual machine dimulai pada VMware

8. Jika Anda melihat tampilan layar di virtual machine seperti di bawah ini :
Fase di mana proses instalasi Ubuntu hampir selesai

Silakan Anda tunggu sampai proses instalasi benar-benar selesai, atau dengan kata lain abaikan dialog untuk login ke dalam sistem operasi Ubuntu yang sedang diinstal sampai dengan tampilan user interface (UI) untuk login ke dalam Ubuntu seperti di bawah ini :
Tampilan untuk login ke dalam Ubuntu yang telah selesai terinstal

9. Sampai dengan tampilan di atas berarti instalasi Ubuntu di lingkungan virtualisasi yang Anda buat berjalan sukses. Silakan login dengan mengklik user yang sudah Anda buat dengan password yang sudah Anda tentukan.
Login ke dalam Ubuntu

10. Dan setelah Anda login ke dalam Ubuntu, maka tampilan layar desktop akan seperti ini :
Tampilan desktop Ubuntu virtual machine pada VMware

Tampilan di atas juga saya tampilkan aplikasi “gedit” yang berfungsi sebagai text editor layaknya notepad di Windows. Jika Anda shutdown di Ubuntu, maka virtual machine akan mati juga layaknya mematikan sebuah PC. Untuk menjalankan kembali, silakan buka VMware Player Anda, lalu pilih sistem operasi yang Anda telah buat (dalam contoh ini adalah Ubuntu Virtual) lalu klik “Play virtual machine”. Ada baiknya Anda mengkonfigurasi ulang sistem operasi Ubuntu Virtual Anda dengan mengklik “Edit virtual machine settings”, tetapi jika Anda kurang yakin dan kurang paham, silakan Anda abaikan.

Selamat mencoba!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: