Rusia; Genjatan Senjata dulu, Baru Pasukan damai

okezone
Foto : Menlu Rusia Sergei Lavrov (EPA)
MOSKOW – Rusia mengatakan, gencatan senjata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan di Suriah sebelum Liga Arab dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengerahkan pasukan perdamaiannya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, saat ini Rusia masih mempelajari inisiatif dari Liga Arab terhadap Suriah yang mengusulkan pengerahan pasukan perdamaian PBB ke negara yang sedang dilanda demonstrasi massal itu.

“Kami sedang mempelajari inisiatif ini dan berharap, negara-negara Arab akan memberikan klarifikasi kepada kami terhadap beberapa poin tertentu. Ada beberapa kesepakatan yang harus dicapai untuk mengerahkan misi perdamaian,” ujar Lavrov, seperti dikutip AFP, Senin (13/2/2012).

“Dengan kata lain, kalian harus sepakat untuk melakukan gencatan senjata. Namun, masalah yang saat ini muncul adalah para militan bersenjata terus memerangi rezim Suriah tidak mau mendengar usulan siapapun,” imbuhnya.

Pengerahan pasukan perdamaian ke Suriah merupakan usulan baru yang dilontarkan oleh Liga Arab pada hari ini. Selain mengerahkan pasukan perdamaian, Liga Arab juga meminta negara-negara Arab lainnya agar memutuskan hubungan dengan Suriah.

Suriah pun menolak keras usulan pengerahan pasukan perdamaian ke negaranya. Menurut Suriah, pengerahan pasukan perdamaian merefleksikan sikap paranoid dari pemerintah negara anggota Liga Arab. Meski demikian, Liga Arab memandang resolusi itu sebagai salah satu salah satu alternatif baik untuk berkomunikasi dengan pihak oposisi Suriah.

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: